5 Cara Mengatasi Kesenjangan Komunikasi dengan Pasangan

Komunikasi sangat penting dalam sebuah hubungan. Komunikasi yang baik akan membuat pasangan lebih saling mengerti dan mengenal satu sama lain. Namun, banyak pasangan yang merasa memiliki masalah komunikasi yang akhirnya membuat hubungan renggang.

Jika mengalami hal tersebut, berikut 5 cara yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dalam hubungan, menurut Sue Johnson, psikolog klinis dan salah satu inovator terkemuka dalam terapi pasangan yang dikutip dari Mind Body Green.

1. Saling terbuka

Ciptakan komunikasi untuk bersikap jujur, tetap terhubung, dan saling terbuka satu sama lain. Berfokuslah untuk mengeluarkan masalah secara terbuka daripada memendamnya karena takut akan konflik. Menyimpan masalah hanya menambah masalah. Berfokus pada komunikasi penuh perhatian timbal balik akan membantu menumbuhkan kepercayaan yang lebih kuat pada ikatan dan hubungan.

2. Saling mengerti satu sama lain

Beri tahu pasangan bagaimana memenuhi kebutuhan secara emosional dan fisik. Kemudian berusaha untuk saling mengerti satu sama lain. Temukan solusi yang memungkinkan masing-masing merasa puas dan aman secara emosional. Dengan melakukan ini, akan tercipta hubungan yang sehat dan tidak menghakimi serta saling menghormati.

3. Ungkapkan perasaan dengan pertimbangan

Berhati-hatilah dalam memilih kata saat berkomunikasi dengan pasangan. Hindari menebak dan bertindak berdasarkan asumsi tentang apa yang mungkin mereka pikirkan. Biasanya, hal ini akan membuat frustrasi, bahkan bertengkar. Sebaiknya, komunikasikan dengan serius apa yang mengganggu kamu. Pasangan akan bereaksi lebih baik jika tahu persis apa yang kamu pikirkan.

4. Sering berterima kasih

Memberi tahu pasangan bahwa kamu memiliki cinta dan rasa hormat yang luar biasa terhadap mereka sangat penting. Terlibat dalam komunikasi yang lebih penuh kasih menciptakan keseimbangan yang lebih sehat dan hubungan yang lebih memuaskan. Lebih baik menggunakan kata-kata penyemangat untuk mengungkapkan rasa hormat, hal ini akan membuat satu sama lain merasa istimewa dan tidak tergantikan.

5. Kencan

Merencanakan kencan malam yang seimbang dan teratur menunjukkan bahwa hubungan adalah sebuah prioritas. Ini memperkuat sebuah hubungan dan komitmen untuk saling memberikan perhatian satu sama lain dengan layak. Untuk memanfaatkan malam kencan, sebaiknya fokus pada topik yang membuat kencan tetap romantis, ringan, dan mengingatkan kamu mengapa saling jatuh cinta.

Memperbaiki dan menyesuaikan komunikasi dapat berdampak luar biasa ketika hubungan mulai merenggang.

ANDINI SABRINA | MIND BODY GREEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.