5 Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia yang Bisa Dikunjungi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas dengan ribuan pulau yang menawan. Di antara sekian banyaknya pulau, ternyata masih ada pulau yang tak berpenghuni, tetapi memiliki pesona yang sangat memukau.

Meski tidak dihuni masyarakat, beberapa pulau tak berpenghuni pada kenyataannya tetap bisa dikunjungi wisatawan. Menurut akun Twitter Resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI @Kemenparekraf, Rabu, 8 Desember 2021, berikut lima pulau tak berpenghuni yang cantik dan bisa dikunjungi:

Pulau Sempu, Malang

Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis ini adalah cagar alam yang dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Secara resmi, tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 1928 dan tidak boleh sembarangan dikunjungi oleh turis. Penerapannya sebagai cagar alam, membuat Pulau Sempu hanya boleh dikunjungi untuk kebutuhan penelitian, konservasi dan pendidikan.

Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur

Pulau Pudar dulunya hanya dihuni oleh komodo. Namun saat ini, sudah tidak ada lagi komodo yang tinggal di Pulau Padar. Pulau ini merupakan pulau terbesar nomor tiga di Kawasan Taman Nasional Komodo dan menjadi salah satu lokasi utama bagi wisatawan yang datang ke Labuan Bajo. Pulau ini sudah dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1991.

Pulau Mandalika, Jawa Tengah

Pulau Mandalika adalah sebuah pulau kecil di laut jawa. Pulau ini berjarak sekitar 2 kilometer dari Benteng Portugis yang terletak di pinggir Pantai Desa Ujungwatu, Jepara. Kabarnya, di sini hanya ada satu orang penghuni yang bertugas menjaga mercusuar.

Pulau Langkadea, Kepulauan Spermonde, Sulawesi Selatan

Pulau ini memiliki ukuran sekitar 3 hingga 4 kali lapangan sepak bola. Di pulau ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang menawan. Pulau ini tidak berpenghuni, namun tetap bisa dikunjungi untuk mereka yang inhgin menikmati sunset, snorkling atau hanya bersantai di pinggir pantai.

Pulau Kapotar, Papua

Pulau Kapotar yang terletak di lepas Pantai Nabire atau Teluk Cenderawasih bagian selatan ini terbilang unik. Wisatawan biasanya menyebut Pulau Kapotar dengan Pulau Mowirin. Padahal, Mowirin itu adalah nama sebuah pantai di sebelah timur Pulau Kapotar. Walaupun tak berpenghuni, pulau ini seperti Pulang Langkadea, di mana wisatawan tetap bisa berkunjung ke sini. Selain itu, sinyal di pulau ini cukup kuat.

ANDINI SABRINA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.