6 Sajian Olahan Makanan dari Anggur

TEMPO.CO, Jakarta -Anggur merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau di kantong.

Selain vitamin C, dikutip dari Sistem Informasi Manajemen Pembangunan di Pedesaan, BAPPENAS anggur mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam metabolisme tubuh. Selain itu mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Buah dengan ciri khas rasa yang asam dan manis ini biasanya dimakan langsung namun anggur juga dapat diolah menjadi makanan baru maupun tambahan untuk makanan lain. Berikut ragam olahan anggur yang dihimpun dari berbagai sumber:

Salad buah

Penggunaan anggur untuk salad sudah umum ditemui sehari-hari. Salad buah biasanya tidak hanya berisi anggur namun dicampur dengan buah-buahan lain maupun jeli atau nata de coco. Dressing untuk salad buah beragam seperti mayonaise, madu, maupun yogurt atau susu.

Asinan anggur

Asinan merupakan makanan yang juga banyak ditemui. Bukan hanya mangga, belimbing, nanas atau buah tropis lain anggur juga dapat dibuat menjadi asinan. Untuk membuat asinan anggur tidak jauh berbeda dengan membuat asinan pada umumnya seperti cabai, gula, garam, dan perasan jeruk.

Permen anggur

Selain diolah menjadi asinan, anggur yang memiliki rasa asam juga cocok diolah menjadi permen atau manisan. Untuk membuat permen atau manisan anggur juga sama dengan membuat manisan lain dengan gula yang dimasak bersama dengan anggur lalu didinginkan dalam kulkas atau dibiarkan dalam suhu ruang.

Puding anggur

Biasanya puding banyak dicampur dengan buah-buahan untuk menambah rasa dan kesegaran. Anggur juga salah satu buah yang dapat dicampur dengan puding, dengan rasa manis dan asam dapat menambah rasa dan karakteristik buah anggur dapat menambah tekstur dari puding.

Sirup anggur

Selain diolah dengan bentuk yang masih terlihat, anggur juga dapat dibuat menjadi sirup. Untuk mengolah anggur menjadi sirup cukup dengan mengambil sari buah dan mencampur dengan gula untuk mendapatkan kekentalan yang diinginkan.

Smoothie anggur

Jika sirup biasanya digunakan untuk toping tambahan dalam makanan, anggur juga dapat dibuat untuk menjadi adalah sehat seperti smoothie.

Anggur yang dapat digunakan adalah jenis anggur apa saja sesuai selera yang diinginkan. Untuk membuatnya sama dengan smoothie lainya dan untuk pemanis dari olahan anggur ini bisa dengan gula maupun madu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.