Aneka Obat Rumahan Bantu Legakan Perut Kembung

TEMPO.CO, Jakarta -Dalam beberapa kasus, perut kembung yang berlebihan dapat disebabkan oleh laktosa atau intoleransi makanan, sembelit, gastroenteritis atau IBS (sindrom iritasi usus), serta penyakit celiac.

Untuk kasus perut kembung ringan, berikut makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan.

Berdasar saran kesehatan Silicolgel di situsnya silicol.co.uk, berikut tiga dari enam bahan alami redakan perut kembung.

1. Bio-yoghurt yang mengandung bakteri probiotik dapat membantu manajemen gas di usus. Sebab itu, konsumsi dua hingga tiga bak kecil yoghurt dapat meredakan dan mencegah perut kembung.

2. Ekstrak jahe berbentuk tablet, kapsul, atau tingtur yang diminum sebelum makan (sesuai petunjuk yang tertera pada label) bisa efektif dalam mengurangi perut kembung. Khasiat serupa juga bisa didapat ketika meminum air jahe hangat.

3. Teh peppermint merupakan obat perut kembung yang cukup baik. Anda cukup menyeduh 1 sampai 2 sendok teh daun peppermint kering dalam secangkir air mendidih.

4. Biji jintan

Melensir Reader’s Digest di situs readersdigest.co.uk, biji jintan sudah sejak lama digunakan untuk meredakan gas dan masalah pencernaan. Anda bisa mengunyah setengah sendok teh biji jintan setelah makan untuk membantu mengeluarkan gas dari saluran usus.

5. Lemon balm

European Medicines Agency mencatat bahwa teh lemon balm dapat meredakan masalah pencernaan ringan, termasuk perut kembung dan gas berdasarkan penggunaan tradisionalnya, seperti dikutip dari Healthline di alamat healthline.com.

6. Minyak cengkeh

Melansir Mendical News Today pada situsnya medicalnewstoday.com, minyak cengkeh secara tradisional telah digunakan untuk mengobati keluhan pencernaan, termasuk kembung, gas, dan gangguan pencernaan. Maka itu, mengkonsumsi minyak cengkeh setelah makan dapat meningkatkan enzim pencernaan dan mengurangi jumlah gas di usus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.