Demi Hadirnya si Buah Hati: Begini Proses Bayi Tabung Dilangsungkan

TEMPO.CO, Jakarta -Setelah menikah selama 12 tahun dengan Ariel Nidji, eks penyanyi cilik Dea Ananda akhirnya mengabarkan bahwa dia sedang hamil, yakni lewat program bayi tabung.

Perjalanan Dea dan suami menantikan kehamilan ini cukup panjang. Mereka menjalani program bayi tabung yang melibatkan beberapa dokter ahli di pusat fertilitas Bocah Indonesia.

Bayi tabung merupakan upaya pembuahan yang dibantu dengan perkembangan teknologi. Istilah yang yang lebih tepat menyebutkannya adalah proses ilmiah In-Vitro Fertilization (IVF).lantas bagaiaman tahapnya?

Praktik bayi tabung menurut sumber embryo.asu.ac, menjelaskan dimulai oleh William Pancoast, yang merupakan seorang dokter dari Philadelphia dengan kelahiran sukses pada tahun 1884.

Berikut ini merupakan prosedur pembuahan IVF atau bayi tabung. Informasi ini disadur dari laman primayahospital.com:

1. Induksi ovulasi

Proses ini meruoakan tahap di mana perempuan diambil sel telurnya dengan bantuan obat-obatan tertentu.

Selanjutnya: Jika merujuk dari laman ….

12 Selanjutnya

Jika merujuk dari laman carehealthcaregroup.com, yang diberikan kepada perempuan adalah suntikan hormon GnRHa dan gonadotropin guna mendorong pertumbuhan dan pematangan folikel yang sinkron di dalam ovariumnya.

Pada proses ini, dokter yang menangani akan mengambil sejumlah banyak sel telur untuk besar peluang keberhasilannya.

2. Pengambilan sel telur

Sel telur disiapkan di wadah khusus, bersiap digabungkan dengan sperma untuk pembuahan.

3. Pembuahan

Prises ini terjadilah penggabungan sperma ke dalam sel telur yang kemudian diletak di dalam inkubator.

4. Persiapan embrio

Persiapan embrio diluar rahim menurut berbagai sumber membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 bulan, saat evaluasi program bayi tabung nampak baik dan sehat, kemudianlah baru disuntikkan ke bali ke rahim perempuan untuk siklus kehamilan selanjutnya.

5. Penanaman embrio

Penyuntikan embrio sehat supaya jadi bayi tabung dilakukan oleh dokter langsung, sel embrio ini diletakkan di dinding rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.