Formula E Jakarta Resmi Digelar di Ancol, Sirkuitnya Berbentuk Kuda Lumping

Kawasan Ancol telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Formula E Jakarta 2022. Itu terjadi setelah Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) sepakat menunjuk Ancol sebagai sirkuit balap Formula E.

Pemilihan sirkuit ini sendiri ditentukan setelah melewati serangkaian kajian dari FEO dan FIA. Hal itu dibenarkan langsung oleh Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni.

“Baru tadi pagi diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol,” kata Sahroni, dikutip Tempo dari situs berita Antara hari ini, Rabu, 22 Desember 2021.

Lebih lanjut, Sahroni menjelaskan alasan mengapa Ancol terpilih sebagai lokasi sirkuit Formula E Jakarta. Menurutnya, Ancol merupakan tempat yang dinamis dan sebagai ikon Jakarta. Terlebih, tempatnya tertutup sehingga tidak mengganggu akses jalanan umum.

Nantinya, lintasan ini akan diberi nama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sirkuit Ancol ini dikabarkan memiliki panjang lintasan 2,4 km, lebar 12 m dan bentuk treknya seperti kuda lumping.

“Filosofi kuda lumping ini adalah nasional, terus masalah ikonik Jakarta di sebelah kanan itu ada Jakarta International Stadium, stadion berkelas internasional yang megah sekali itu sebagai The New Iconic Jakarta,” kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto.

ANTARA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.