Hari Pertama Pengetatan Prokes, Kemenhub: Jumlah Penumpang Turun di Semua Moda

Posko Monitoring Penyelenggaraan Transportasi di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022 Kementerian Perhubungan mencatat adanya penurunan pergerakan penumpang harian di hari pertama penerapan kebijakan pengetatan protokol kesehatan yakni pada Jumat, 24 Desember 2021. Penurunan pergerakan ini bila dibandingkan dengan hari biasa sebelum pengetatan.

“Berdasarkan data pergerakan penumpang pada hari Jumat 24 Desember 2021 atau hari pertama kebijakan penerapan pengetatan prokes, semua moda angkutan mengalami penurunan jumlah penumpang dibanding hari biasa,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Jakarta, Sabtu, 25 Desember 2021.

Adita menjelaskan, ketimbang periode serupa pada tahun lalu yakni tanggal 24 Desember 2020, hampir semua moda angkutan mencatat penurunan jumlah penumpang, kecuali moda angkutan kereta api.

Berikut rincian jumlah pergerakan penumpang pada 24 Desember 2021 ketimbang rata-rata pergerakan penumpang pada hari biasa sebelum masa pengetatan (pada 17 Desember – 23 Desember 2021) dan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu untuk tiap moda angkutan:

12 Selanjutnya

Adita menyatakan, pemerintah terus mengingatkan ke masyarakat bahwa di masa libur Natal dan Tahun Baru, bahwa penerapan protokol kesehatan ketat adalah nomor satu. “Bagi masyarakat yang bepergian, agar mematuhi ketentuan sudah vaksin dosis lengkap dan tes antigen 1×24 jam, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Karena kita tidak ingin terjadi kenaikan kasus Covid-19 usai libur Nataru,” tuturnya.

Pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini, ucap Adita, Kemenhub memantau pergerakan penumpang di 48 terminal, 22 pelabuhan penyeberangan, 50 bandara dan 51 pelabuhan. Selain itu Kemenhub memantau pergerakan di 13 daerah operasi atau divisi regional yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

ANTARA

Sebelumnya 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.