Ketika The Simpsons Dituduh Rasisme Lewat Karakter Apu, Ada Apa?

TEMPO.CO, Jakarta -Hari ini, 17 Desember 1989 silam, The Simpsons tayang perdana di FOX dengan judul “Simpsons Roasting on an Open Fire”.

Selama perjalanannya menjadi salah satu serial TV favorit banyak orang, The Simpsons sempat tersandung kontroversi kasus rasisme lewat karakter Apu Nahasapeemapetilon.

Melansir dari ndtv.com, selama bertahun-tahun, Apu Nahasapeemapetilon adalah salah satu dari sedikit karakter orang Asia di televisi prime time di Amerika Serikat.

Pemilik Kwik-E-Mart yang menyenangkan di kota fiksi Springfield ini merupakan karakter yang menonjol dalam serial animasi The Simpsons yang sudah berjalan lama.

Namun Apu juga dianggap bermasalah karena berbagai alasan. Misalnya, aktor Kaukasia, Hank Azaria yang menyuarakan karakter Apu dianggap berlebihan dalam menggunakan aksen India.

Apu diakui sebagai karikatur yang seluruhnya terdiri dari stereotip Asia Selatan.

Selanjutnya: Apu ahli dalam ilmu komputer, tetapi mengoperasikan toko serba ada…

12 Selanjutnya

Dia ahli dalam ilmu komputer, tetapi menjalankan toko serba ada. Dia memiliki perjodohan dan kemudian delapan anak, dan dia juga seorang imigran ilegal.

Beberapa waktu lalu, komedian India-Amerika Hari Kondabolu menulis dan membintangi film dokumenter berjudul The Problem With Apu.

Di dalamnya, Kondabolu membahas karakter Apu dan rasisme biasa yang ditimbulkannya dengan aktor dan komedian asal India termasuk Kal Penn, Aziz Ansari, Hasan Minhaj, dan Sakina Jaffrey.

BBC melaporkan, Kondabolu mengatakan bahwa karakter Apu didasarkan pada stereotip rasial.

Dalam film dokumenternya, The Problem with Apu, dia mengatakan Apu adalah satu-satunya representasi orang Asia Selatan di televisi AS ketika dia tumbuh dewasa dan anak-anak lain meniru karakter tersebut untuk mengejeknya.

Karakter Marge dan Lisa secara tidak langsung membahas kontroversi seputar karakterisasi dalam sebuah episode.

Dalam adegan itu, Marge mengubah cerita pengantar tidur untuk membuatnya lebih benar secara politis, tetapi putrinya menolak. Marge yang tertekan kemudian bertanya kepada putrinya apa yang harus dia lakukan.

Lisa menoleh ke kamera dan berkata: “Sulit untuk mengatakannya. Sesuatu yang dimulai sejak lama beberapa dekade yang lalu, yang dipuji dan tidak menyinggung, sekarang secara politis tidak benar. Apa yang dapat Anda lakukan?” Dia kemudian memberi isyarat ke foto Apu di samping tempat tidurnya, yang bertanda: “Jangan punya sapi, Apu”.

Melansir dari thehill.com, aktor Hank Azaria meminta maaf “kepada setiap orang India” atas perannya sebagai Apu dalam “The Simpsons” tahun lalu. Dia mengundurkan diri dari peran pada tahun 2020 di tengah kecaman yang diperkuat dari stereotip rasialnya.

“Setelah banyak pencarian jiwa dan melakukan lokakarya dan membaca dan berbicara dengan orang-orang, (saya menyadari) saya memiliki satu atau dua titik buta ketika datang ke karakter ini,” kata dia tentang perannya di sosok kontroversial The Simpsons tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.