Manfaat Contoh Laporan Keuangan Yang Perlu Anda Ketahui

Laporan keuangan adalah sebuah catatan tertulis yang memperlihatkan situasi keuangan sebuah usaha dalam jangka waktu ditentukan.  Laporan keuangan bersifat sangat spesifik diperlukan bagi bahan untuk melakukan pengevaluasian atas kinerja perusahaan.

Sedangkan pembuatan contoh laporan keuangan tidak boleh dilakukan sembarangan. Namun laporan keuangan harus dibuat secara fakta, objektif dan jelas. Manfaat laporan keuangan sangat besar dirasakan oleh  berbagai pihak. Seperti pihak direksi atau manajemen, pemilik perusahaan, investor atau kreditur, suplier maupun lembaga perbankan sampai pemerintah maupun masyarakat.

Bagi lembaga perbankan laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu persyaratan yang sangat penting  untuk pengajuan kredit modal usaha di bank.

Manfaat Contoh Laporan Keuangan Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini manfaat contoh laporan keuangan perusahaan yang perlu anda ketahui, antara lain :

  1. Mengetahui kinerja kondisi keuangan perusahaan

Kinerja suatu perusahaan dapat dilihat berdasarkan contoh laporan keuangan perusahaan. Sehingga banyak investor saham yang memilih saham berdasarkan kinerja keuangan perusahaan tersebut. Jika kinerja keuangan perusahaan baik maka bisa dipilih untuk dibeli sahamnya. Namun sebaliknya, jika kinerja keuangan perusahaan tersebut sangat buruk maka tidak jadi membeli saham perusahaan tersebut.

  1. Mengetahui besaran keuntungan yang didapatkan dalam periode tertentu

Manfaat contoh laporan keuangan perusahaan yang tak kalah penting adalah untuk mengetahui besaran keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu.  Sehingga bisa diketahui secara mudah bahwa kondisi perusahaan dalam keadaan sehat atau tidak.

Omset perusahaan dan keuntungan bersih perusahaan per periode tertentu dapat dilihat secara jelas. Begitu juga kerugian usaha bisa disaksikan secara objektif berdasarkan data dan fakta kurun waktu yang ditentukan.

  1. Mengetahui catatan besaran transaksi penjualan dan pembelian

Laporan keuangan perusahaan biasanya dibuat oleh staf bagian keuangan atau bagian administrasi pada suatu perusahaan. Pembuatan laporan keuangan tidak dibuat bebas. Tapi dilakukan pembuatan  laporan keuangan secara rutin berdasarkan  per periode. Misalkan satu tahun sekali maupun  satu bulan sekali. Semua itu tergantung kebutuhan dan keperluan perusahaan.

  1. Memberi masukan

Manfaat contoh laporan keuangan perusahaan berikut adalah untuk memberikan masukan kepada pihak manajemen perusahaan tentang mana saja yang mesti diperbaiki dan mana yang harus ditingkatkan.  Anda bisa melakukan pengawasan  atau pemantauan terhadap kondisi perusahaan dari waktu ke waktu hanya dengan contoh laporan keuangan.

  1. Pengontrolan perusahaan secara internal

Bagi manajemen perusahaan atau direksi, manfaat laporan keuangan perusahaan sangat berguna sebagai penyampai informasi yang dibutuhkan untuk bahan pertimbangan mengambil kebijakan perusahaan di masa datang.  Keputusan yang diambil oleh manajemen perusahaan akan tepat dan akurat berdasarkan data  laporan keuangan perusahaan yang objektif.

  1. Menjadi bahan pertimbangan dalam pemberian kredit

Bagi kalangan pihak pemberi pinjaman atau perbankan, laporan keuangan sangat penting dan seringkali menjadi acuan dalam mempertimbangkan kemampuan usaha dalam pembayaran maupun kelayakan untuk mendapatkan kredit pinjaman modal usaha.

Betapa besar manfaat laporan keuangan perusahaan dalam berbagai kondisi apapun. Terutama bagi para calon investor yang ingin menanamkan uangnya pada peer to per di  Indonesia dapat melakukan pengecekan laporan keuangan perusahaan sebelum memberikan pinjaman uang kepada pelaku usaha tersebut.

Bagi anda yang ingin berinvestasi maka anda bisa melakukan investasi pada peer to peer di Indonesia. Namun anda dapat selektif memilih lembaga p2p yang  terpercaya. Anda bisa memberikan pinjaman kepada perusahaan yang kinerja keuangannya sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat pada contoh laporan keuangan perusahaan.

Salah satu lembaga yang menyediakan investasi p2p lending adalah Akseleran. Investor akan mendapatkan besaran bunga pinjaman sebesar 10,5 persen setiap tahun. Proses pemberian pinjaman dan penerimaan pinjaman dilakukan secara online,  mudah dan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.