Terkini Bisnis: Sri Mulyani di Hari Antikorupsi, Pengelola KRL Diadukan ke KPPU

TEMPO.CO, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Rabu pagi, 8 Desember 2021, dimulai dari Menkeu Sri Mulyani meminta pejabat Kemenkeu tidak berpura-pura di depan anak buahnya hingga Kereta Commuter Indonesia resmi dilaporkan ke KPPU.

Adapula berita tentang Garuda dan Citilink akan menyesuaikan frekuensi penerbangan setelah PPKM Level 3 Natal dan Tahun Baru batal dan Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Tebelian.

Berikut empat berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang pagi ini:

1. Hari Antikorupsi, Sri Mulyani Minta Pejabat Kemenkeu Tak Pura-pura ke Anak Buah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta pejabat Kementerian Keuangan tidak sekadar memberi retorika antikorupsi kepada anak buah masing-masing. Menurut dia, anak buah akan melihat apakah pesan yang disampaikan atasannya juga dijalankan dengan kehidupan sehari-hari.

“Sehingga Anda menjadi role model, Anda adalah satu dengan nurani Anda, sehingga tidak ada kepura-puraan,” kata dia dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Kemenkeu, Rabu, 8 Desember 2021.

Ia mengingatkan bahwa teknologi digital saat ini bisa merekam segala hal dari seseorang. Sehingga, pejabat kini tak bisa sekedar bersikap tone at the top atau memberi arahan saja, tapi juga walk the talk atau menerapkan langsung arahannya tersebut,

Sri Mulyani menyebut pesan ini sudah beberapa kali disampaikan kepada wakil menteri keuangan, pejabat eselon satu, dan pejabat lainnya di Kemenkeu. Ia mengingatkan bahwa anak buah akan melihat bagaimana atasannya bersikap, memimpin, dan membuat keputusan.

“Dari hal-hal kecil saja, apa yang dimakan oleh pimpinan kita, bagaimana spend weekend dengan keluarga, dia pakai baju apa, tas dan arloji merek apa, itu dilihat,” kata dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

1234 Selanjutnya

PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) dan Citilink akan menyesuaikan frekuensi penerbangan setelah PPKM level 3 Natal dan Tahun Baru batal diterapkan di seluruh wilayah.

“Aturan perjalanan ini kan mau diubah. Nantinya kami harus sesuaikan dengan kebutuhan penerbangan,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Rabu, 8 Desember 2021.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Juliandra memperkirakan tetap dapat mengangkut jumlah penumpang dengan lebih stabil pada periode Natal dan Tahun Baru 2021/2022 ketimbang pada 2020/2021.

Juliandra menjelaskan akan menyediakan layanan penerbangan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Maskapai bertarif hemat ini juga akan menyesuaikan frekuensi penerbangan dalam mengakomodasi kebutuhan perjalanan pada periode akhir tahun. Penyesuaian terhadap frekuensi penerbangan dengan melihat kondisi permintaan yang ada.

Pada periode Natal dan Tahun Baru tahun lalu, Citilink mengangkut penumpang sebanyak 54 persen dari tingkat keterisian kursi yang ada. “Pada periode akhir tahun ini, Citilink memprediksi angka jumlah penumpang masih stabil sesuai dengan kondisi yang ada saat ini yaitu sekitar 78 persen dari tingkat keterisian kursi,” katanya.

Dia mendukung program pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan terus berupaya untuk tetap menyediakan aksesibilitas, baik untuk memenuhi kebutuhan distribusi logistik, maupun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang harus melakukan perjalanan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandar Udara atau Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

“Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan,” kata Jokowi di Bandara Tebelian, Kalimantan Barat, Rabu, 8 Desember 2021.

Presiden menyebut Bandara Tebilian akan mampu melayani penumpang 75 ribu penumpang per tahun. Pembangunan bandara tersebut menghabiskan anggaran totalnya Rp 518 miliar

“Bandara ini sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai,” kata Presiden.

Menurut dia, pada era kompetisi antarnegara yang semakin sengit, Indonesia harus bergerak dengan lebih cepat, oleh sebab itu kelancaran konektivitas adalah kunci.

“Dan kita harus mampu membuat konektivitas antarprovinsi, antardaerah, antarkabupaten semakin mudah dan lancar, terjangkau oleh masyarakat sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah,” ungkap Jokowi.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 1234 Selanjutnya

PT Kereta Commuter Indonesia resmi dilaporkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU oleh legal researcher dari advokasi.id, Donni Taufiq Sjafaruddin, pada Kamis, 2 Desember 2021. Pengelola Kereta Rel Listrik atau KRL Commuter Line dianggap melanggar ketentuan dalam UU Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

“Praktik monopoli, persekongkolan ini terjadi dalam penunjukan langsung pengadaan pengadaan jasa pengamanan pada KCI,” kata Taufiq dalam keterangan resmi, Rabu, 8 Desember 2021.

Semula, pengadaan jasa pengamanan ini diberikan kepada delapan vendor perusahaan swasta. Tapi mulai Januari 2022, kata Taufiq, jasa pengamanan diambil alih oleh PT Reska Multi Usaha atau RMU yang dikenal sebagai KAI Services.

Baik KCI maupun RMU sama-sama merupakan anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Taufiq pun menilai penunjukan langsung ini bertentangan dengan Pasal 17, Pasal 22, dan Pasal 25 UU Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Sehingga, Taufiq menyebut kebijakan KCI ini mengakibatkan pelaku usaha lain sulit atau bahkan sama sekali tidak dalam masuk ke dalam pasar. “Dalam ini jasa pengamanan di lingkungan KCI,” kata dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.