Ulasan Perjalanan Industri Otomotif Indonesia Terangkum dalam Sebuah Buku

Mantan pejabat Eselon 1 Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI Agus Tjahajana Wirakusumah meluncurkan sebuah buku berjudul ‘Industri Otomotif untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik’. Buku ini membahas soal perjalanan panjang dan dinamika industri otomotif di Tanah Air.

“Harapan saya buku ini menjadi referensi yang utuh dan lengkap tentang industri otomotif yang selama lima dekade telah berkontribusi sangat besar untuk negeri ini,” kata Agus saat peluncuran bukunya di Senayan Park, Jakarta pada Selasa, 14 Desember 2021.

Buku tersebut dimulai dari fakta perniagaan mobil di Indonesia yang sudah ada sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perdagangan mobil pada era itu mendorong beberapa merek otomotif asal Amerika dan Eropa masuk ke Indonesia dengan mitra para pengusaha lokal. Pengusaha lokal inilah yang memasarkan mobil asal Amerika dan Eropa dengan perannya sebagai importir.

Selain itu, buku ini juga mengisahkan para tokoh yang menjadi perintis industri otomotif berkembang di Indonesia seperti William Soeryadjaya, Hadi Budiman, Sjarnoebi Said, hingga Soebronto Laras. Tokoh-tokoh inilah yang menjadi pembuka jalan bagi merek otomotif dunia bersama perusahaan atau kelompok usahanya.

Selain itu, buku ini juga secara khusus memaparkan soal peluang dan tantangan industri otomotif Indonesia di era mobil listrik. Di dalamnya juga membahas tentang potensi Indonesia untuk bisa menjadi pemain utama di era mobil zero emission, setelah era mobil internal combustion engine (ICE).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.